Thematic Studies


About Thematic Studies

Qualitative studies related to certain themes conducted by The Habibie Center. In this program, thematic studies are carried out to get a comprehensive picture and understand certain themes related to countering terrorism and violence due to extremism in Indonesia.

Post Image
23 Sep

“MEMBERANTAS TERORISME DI INDONESIA: Praktik, Kebijakan dan Tantangan”


Latar Belakang

Terorisme telah menjadi salah satu persoalan dan tantangan global terbesar abad 21. Meskipun secara historis terorisme merupakan fenomena klasik yang dapat dirunut berdasarkan kesepakatan akademis sejak dari Revolusi Perancis dan Kelompok Nihilis abad 19 Rusia. Terorisme mendapatkan momentum, histeria dan euforia globalnya sejak penyerangan World Trade Center di New York pada 11 September 2001, yang disebut oleh banyak analis terorisme saat ini sebagai “Terorisme Baru” (New Terrorism).

Dimotori oleh PBB, Amerika dan negara-negara Eropa lainnya, terorisme diseret ke pusaran sentral perhatian dan agenda global. Hampir semua energi, pikiran dan sumber daya global dicurahkan dalam berbagai aspek dan bentuknya untuk menjelaskan dan menangani terorisme yang cenderung semakin meningkat paska kejadian 11 September 2001.

Pemberantasan terorisme di Indonesia cenderung menjadi rumit karena beberapa faktor, diantaranya faktor geografis, jaringan terorisme sendiri yang semakin dinamis dan berubah-ubah, profesionalisme kelembagaan dan bahkan defisit undang-undang yang dapat dijadikan instrumen strategis dan komprehensif untuk menangani terorisme. Pada sisi lain, berbagai upaya dan inisitaif dalam memerangi terorisme di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat sipil.

Untuk menjawab tantangan pemberantasan terorisme tersebut di atas,  The Habibie Center (THC) melakukan studi pustaka dan penelitian lapangan di 4 wilayah, yaitu: Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jabodetabek, dan Sumatera Utara. Temuan-temuan penelitian ini dituliskan dalam buku “MEMBERANTAS TERORISME DI INDONESIA:  Praktik, Kebijakan dan Tantangan”.

Unduh Selengkapnya...